Desa Walay Sukseskan Program Sengnisasi

  • Bagikan
Salah satu rumah warga yang mendapat program Sengnisasi. FOTO: Husman/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Unaaha -- Selain perbaikan sarana dan prasarana desa, anggaran dana desa yang di kelola pemerintah desa Walay kecamatan Abuki, juga berupaya agar anggaran desa itu juga dapat di rasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat, salah satu program yang di buat antaranya yakni melakukan sengnisasi terhadap rumah warga.

Program sengnisasi ini fokus diberikan pada wagra yang hingga kini masih menggunakan atap daun rumbia untuk diganti menjadi atap seng, untuk tahun ini saja, pemerintah desa walay mengelontorkan anggaran sekitar Rp. 190 juta, dari anggaran dana desa yang bersumber dari APBN dengan jumlah penerima mencapai 50 Kepala Keluarga (KK), jika di rata-ratakan tiap warga menerima Rp. 3,8 juta per KK.

TIim Pelaksana Kegiatan (TPK) desa Walay, Swindanu, menyampaikan program ini masih akan terus berlanjut tahun depan, mengingat masih ada rumah warga yang belum mendapat program sengnisasi ini, selain itu, rumah warga yang menerima program di tahun ini juga masih butuh tambahan seng.

" Rencanaya akan di lanjutkan tahun depan, insya Allah, semua warga akan menerima bantuan ini hingga program ini sukses terlaksanakan," Kata Swindanu.

Ia menambahkan, untuk tahun depan anggaranya akan di tambah pemerintah desa Walay, mengingat masih banyaknya warga yang belum mendapat. " Mungkin akan di tambah anggaranya. Tapi kita hitung dulu kebutuhanya, jika kekuranganya masih banyak maka rencanaya akan di tambah tapi kalu tidak bisa jadi di kurangi, tapi melihat kondisi sekarang besar kemungkinan di tambah," tandasnya.(m4/b)

  • Bagikan