24 Pejabat Eselon II Ikut UK JPTP

  • Bagikan
24 pejabat eselon II Pemkab Konawe, mengikuti uji kompetensi (UK) Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP)

KOLAKA POS, KONAWE - Sebanyak 24 pejabat eselon II Pemkab Konawe, mengikuti uji kompetensi (UK) Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP). UK dilaksanakan sesuai surat Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) nomor : B7/JP.00.01/01/2023 tanggal 2 Januari 2023 perihal rekomendasi rencana UK JPTP. UK JPTP Pemkab Konawe dibuka oleh Sekda Konawe Ferdinand Sapan.

Ferdinand mengatakan, uji kompetensi bagi pejabat JPTP Konawe itu dalam rangka meningkatkan kualitas dan kinerja setiap pimpinan organisasi daerah (OPD). Disaat bersamaan pula, dimaksudkan untuk mengetahui tingkat pengetahuan, keterampilan dan kompetensi para pejabat eselon II dalam bidang teknis tertentu untuk pelaksanaan tugas jabatan. “Ini juga dalam rangka mengevaluasi realisasi kerja mereka. Sehingga itu perlu kita uji kompetensi kembali,” ujar Ferdinand, kemarin (9/2).

Pria yang juga Ketua Panitia Seleksi (Pansel) UK JPTP Konawe itu menuturkan, visi misi Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa harus mampu diterjemahkan para pejabat JPTP Konawe dalam melaksanakan tupoksi di instansi masing-masing.

Mulai dari menetapkan rencana kerja tahunan maupun rencana kerja strategis yang merujuk pada rencana program jangka menengah daerah (RPJMD) Konawe 2018-2023. “Sehingga, itu akan menjadi masalah jika dalam pelaksanaannya, instansi tersebut tidak serius mengerjakan. Makanya kita uji para pimpinan OPD ini setelah mendapat rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN),” bebernya.

Ferdinand mengingatkan, pejabat eselon II pemkab Konawe mesti mengemban amanah untuk kepentingan daerah dan masyarakat. Dengan demikian, pejabat yang memiliki kualifikasi mumpuni sangat dibutuhkan dalam menghadapi tantangan kedepan yang semakin berat. “Saya minta kepada 24 peserta, harus serius mengikuti UK JPTP. Mulai dari tes makalah maupun tes wawancara,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Konawe, Ilham Jaya mengemukakan, uji kompetensi JPTP Konawe nantinya akan menjadi acuan untuk melakukan rotasi atau mutasi. Dalam hal ini, pejabat eselon II lingkup pemkab setempat. Hasil tes uji kompetensi tersebut akan langsung disampaikan ke Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) yakni Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa. Termasuk, dilaporkan pula ke KASN. “Yang diujikan itu mulai dari penulisan makalah, serta tes wawancara yang memiliki tiga penilaian. Yakni, kompetensi manajerial, kompetensi teknis dan kompetensi sosial kultur,” tandasnya. (KN)

  • Bagikan