Dinkes Konawe Tingkatkan Pelayanan di Daerah Terpencil

  • Bagikan

KOLAKAPOS, Unaaha -- Memberikan pelayanan kesehatan secara merata bagi warga Konawe secara menyeluruh, Pemerintah Daerah Konawe dalam hal ini Dinas Kesehatan terus berupaya melakukan berbagai program kesehatan yang dapat dirasakan langsung.

Meski, masih menghadapai kendala yang terjadi di lapangan khususnya di wilayah daerah terpencil, hal itu tidak membuat para petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Konawe terhenti. Namun kondisi ini memunculkan gagasan dan program yang di rasa sangat tepat diterapkan dan dapat membantu pelayanan kesehatan di masyarakat pedalaman.

Pemerintah daerah Konawe memang bangga dengan keseksesan membangun Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Konawe, namun untuk soal pelayanan bagi warga yang berada di wilayah terpencil seperti Kecamatan Routa, Latoma dan Asinua, belum bisa dipastikan warga konawe ini akan langsung merasakan layanan kesehatan yang ada di BLUD RS Konawe.

Maka dari itu, agar pelayanan kesehatan ke masyarakat ini berimbang dengan pelayanan yang berada di wilayah perkotaan, maka dinas kesehatan konawe meluncurkan program kesehatan dengan cara jemput bola,  seperti yang di sampaikan Kepala Dinas Kesehatan Konawe Muh Aris.

Dikatakanya, pihaknya selalu berusaha mengoptimalkan serta meningkatkan service kesehatan untuk warga masyarakat Konawe,  dengan membuat terobosan yang dapat membantu warga terutama untuk masyarakat yang berada di daerah terpencil agar dapat dengan mudah menerima pelayanan kesehatan oleh tenaga kesehatan handal.

Program ini di beri nama program service kesehatan, yang menariknya dari program ini, warga tidak perlu mengeluarkan biaya pemeriksaan kesehatan bahkan petugas kesehatan siap datang langsung ke rumah warga yang membutuhkan. Karena petugas servis kesehatan ini stand bay di wilayah daerah terpencil.

" Fokus pada program ini itu di Daerah terpencil, seperti Routa, Latoma dan Asinua, daerah ini jadi konsentrasi kami dalam program ini, makanya kami begitu pikirkan keadaan orang-orang yang terisolir, hingga munculah program service kesehatan ini, terlebih bagi masyarakat yang sudah lanjut usia, ibu hamil serta balita, ini selalu kami usahakan agar dimaksimalkan pelayanan kesehatanya di tiap tahun," Katanya,

Program yang sudah berjalan sejak tahun 2017, akan terus di tingkatkan pelayananya, demikian dengan sarana dan prasarana kesehatan yang berada di wilayah terpencil akan di tingkatkan fasilitasnya, tujuanya tentu untuk mempermudah pelayanan kesehatan kepada warga konawe secara paripurna. Selain itu kegiatan penyuluhan kesehatan dan kegiatan sosial lainya juga terus di laksanakan dinkes konawe kepada warga terpencil.

"Masalah kesehatan, itu tidak hanya dinas kesehatan saja yang mesti turun, dinas lainpun punya peranan penting, makanya saya selalu bilang pelayanan kesehatan itu tanggung jawab multi sektor, semua dinas punya andil dalam kesehatan, apa lagi terkait akses di wilayah terpencil yang susah. Tapi inilah yang menjadi motivasi dinkes agar pelayanan kesehatan tetap berjalan maksimal di semua warga terpencil." terangnya.(m4/b)

Foto. Muh. Aris, Kadis Kesehatan Konawe

  • Bagikan