APBDP Konawe 2018 Defisit

  • Bagikan

Tasman Taewa : Anggaran Perubahan Fokus Pada Rencana Starategis Daerah

KOLAKAPOS, Unaaha -- Sejumlah proyek fisik di tahun anggaran 2018 kemungkinan akan ditangguhkan pelaksanaannya. Kondisi tersebut disebabkan karena kondisi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) Kabupaten Konawe tahun 2018 mengalami defisit di sisi lain utang daerah yang belum lunas jadi alasan penangguhan sejumlah kegiatan tersebut.

Maka dari itu, Tasman Taewa, di sisa akhir masa jabatanya sebagai Penjabat (Pj) Bupati Konawe. Ia menitipkan sejumlah pesan penting kepada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Konawe agar saat pembahasan perubahan anggaran 2018, Bappeda diminta untuk memilih dan memilah setiap usulan kegiatan SKPD di anggaran perubahan tahun ini.

Menurut Tasman, hal ini agar anggaran yang ada saat ini khususnya anggaran yang ada di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk lebih fokus pada kegiatan rencana strategis (Restra) daerah Konawe yang sifatnya dapat memberi nilai tambah ke daerah dan bermanfaat bagi masyarakat terutama dalam pendapatan perekonomian daerah dan masyarakat.

Salah satu yang di harapkan, Tasman yakni usulan kegiatan terkait pengelolaan lokasi wisata dan budaya yang tersebar di kabupaten Konawe, alasanya karena lokasi wisata sangat menunjang Pemasukan Asli Daerah (PAD) di sisi lain, manfaatnya juga dapat di rasakan oleh masyarakat demikian dari segi ekonomi di dalamnya.

" Pertama itu, kita harus mengangkat daerah dari segi pariwisata dan budaya, kenapa ! karena di sini (Pariwisata . Red) sudah pasti semua sektor akan bergerak, ekonomi, pembangunan akan jalan beriringan, contonhnya seperti daerah wisata milik daerah lain, nah di konawe banyak situs sejarah yang dapat di kembangan oleh pemda konawe demikian dengan lokasi wisatanya. " Kata Tasman.

Di anggaran perubahan ini juga, lanjut Tasman, agar lembaga legislatif yakni DPRD Konawe juga di minta mendukung pembangunan yang memiliki asas manfaat yang dapat di rasakan masyarakat berkelanjutan, terlebih demi peningkatan PAD Konawe.

" Tolong dalam merancanakan sesuatu agar memiliki asas manfaat, jangan kita buat kegiatan yang tidak ada nilai tambanhnya, anggaran ini kita gunakan untuk kesejahteraan masyarakat termaksud ASN, karena itu bagian dari komunitas masyarakat kabupaten Konawe," Tambahnya.

Terakhir kata Tasman, di anggaran perubahan tahun ini, agar proyek fisik yang sifatnya tidak memberikan nilai tambah atau membantu kesejahtetaan masyarakat konawe agar di hentikan dahulu. " Kalau tidak ada nilai tambahnya, dihentikan dahulu, jika memungkinkan nanti di tahun 2019 baru di anggaran lagi, " ungkapnya. (m4/b/hen )

  • Bagikan