Puubunga Kolaka Menuju 5 Besar Desa BRIlian 2023

  • Bagikan
Pimpinan Cabang BRI Kolaka, Reza Setiaji (kedua dari kanan) didampingi Kepala Unit BRI Pomalaa, Sulistriani (kanan) menyerahkan secara simbolis hadiah apresiasi kepada Kepala Desa Puubunga, Sutaji, Rabu (8/11/2023).

KOLAKAPOSNEWS.COM, Kolaka - Desa Puubunga, Kecamatan Baula, Kabupaten Kolaka berhasil masuk 15 desa terbaik program New Desa BRIlian 2023, yang diselenggarakan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI). Desa Puubunga mampu menyisihkan ribuan desa di Indonesia dalam program Desa BRIlian dan menjadi satu-satunya desa di Provinsi Sulawesi Tenggara yang berhasil lolos 15 besar. Misi selanjutnya, Desa Puubunga menargetkan masuk top 5 Desa Brilian 2023.

Keberhasilan Desa Puubunga yang masuk dalam 15 besar Desa Brilian 2023 mendapat apresiasi dari Pimpinan Cabang BRI Kolaka, Reza Setiaji. Apresiasi tersebut dibuktikan dengan penyerahan uang sebesar Rp10 juta kepada Kepala Desa Puubunga, Sutaji. Kegiatan penyerahan apresiasi berlangsung di Kantor Desa Puubunga, Rabu (8/11/2023), yang dihadiri para perangkat desa dan masyarakat.

Reza Setiaji mengatakan, melalui pendampingan yang telah dilakukan oleh BRI dan Universitas Padjajaran sebagai mitra BRI dalam penyelenggaraan program Desa Brilian, Desa Puubunga diharapkan bisa terus melaju sampai top 5 Desa Brilian 2023. "Setelah melihat langsung kondisi di lapangan, ternyata di Desa Puubunga ini fokusnya di perkebunan dan persawahan. Sehingga nanti inovasi-inovasi dilakukan lebih fokus ke arah sana sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik dari Desa Puubunga itu sendiri," ungkap Reza Setiaji.

Reza menjelaskan, program Desa BRlian merupakan program pemberdayaan desa yang bertujuan untuk menciptakan desa yang mandiri secara ekonomi dan mampu tumbuh secara berkelanjutan. Melalui program ini diharapkan desa dapat mengoptimalkan seluruh potensinya agar lebih maju.

BRI Cabang Kolaka sendiri mengikutkan tiga desa binaannya dalam program Desa BRIlian 2023, yakni Desa Puubunga, Peoho, dan Konaweha. Namun setelah mengikuti penilaian, hanya Desa Puubunga yang berhasil masuk 15 desa terbaik se Indonesia. "Desa Puubunga ini sangat bagus prestasinya, sehingga bisa menjadi 15 besar terbaik se Indonesia," ujar Reza.

Pose bersama seusai kegiatan penyerahan apresiasi.

Sementara itu, Kepala Desa Puubunga, Sutaji merasa bersyukur desa yang dipimpinnya berhasil masuk 15 besar Desa BRlian 2023. Menurutnya, prestasi ini merupakan bukti sinergi yang baik antara pemerintah desa melalui BUMDes dengan BRI. "Awalnya saya tidak menyangka desa kami bisa terpilih dan berhasil masuk 15 besar Desa BRilian 2023 se Indonesia. Hasil ini berkat dukungan pihak BRI Unit Pomalaa dan teman-teman perangkat desa dan masyarakat," kata Sutaji.

Ia pun berharap yang desa dipimpinnya terus melaju hingga kembali terpilih dalam lima besar nasional New Desa Brilian 2023. "Semoga desa kami bisa terpilih masuk 5 besar," ucap Sutadji.

Keberhasilan Desa Puubunga masuk 15 besar desa terbaik program New Desa BRIlian 2023 tak terlepas dari peran aktif Yulita Paliling, perangkat desa Puubunga. Kepala Desa Puubunga memberikan kepercayaan kepada Yulita mengikuti penilaian program Desa BRIlian secara online selama 11 hari pada Oktober lalu.

Yulita menjelaskan, topik penilaian dalam seleksi Desa BRIlian diantaranya mengenai kelembagaan desa dan BUMDes, inovasi desa, dan digitalisasi desa. "Jadi ketika masuk zoom, harus melewati tes dulu dan nilainya langsung keluar. Dari awalnya 416 desa peserta, Desa Puubunga masuk 40 dan berhasil masuk 15 besar," kata Yulita. (hrn)

  • Bagikan